Teknologi Informasi Dan Gadget

Susunan Kabel UTP Straight dan Cross

Susunan Kabel UTP Straight dan Cross. Pada kesempatan kali ini Sofyan Web akan membagikan informasi tentang susunan kabel utp straight dan cross. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antara komputer satu dengan komputer yang lain. Kebanyakan kabel utp ini menggunkan konektor RJ-45 dengan port LAN. Dan ada 2 susunan yang sering di gunakan yaitu susunan straight dan susunan cross. Berikut ini adalah susunan kabel straight maupun cross.

Kabel Straight : Kabel straight digunakan untuk dua perangkat atau device yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, router ke bridge, komputer ke hub/bridge, router ke switch, dan yang lainnya yang berbeda perangkat atau device
Susunan Warna Kabel Straight :
1. Putih – orange
2. Orange
3. Putih – hijau
4. Biru
5. Putih – biru
6. Hijau
7. Putih – cokelat
8. cokelat
Susunan Straight

Kabel Cross : Kabel cross digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat atau device yang sama/sejenis. Contohnya dari komputer ke komputer, dari komputer ke router, dari switch ke switch, dan perangkat yang sama lainnya.
Susunan Warna Kabel Cross :
1. Putih – hijau
2. hijau
3. Putih – orange
4. Biru
5. Putih -biru
6. orange
7. Putih – cokelat
8. cokelat
Susunan Cross

Note : Untuk susunan kabel straight, ujung yang satu menggunakan susunan straight dan ujung satunya menggunakan susunan straight juga. Tapi untuk kabel cross, ujung yang satu menggunakan susunan cross dan ujung yang satunya menggunakan susunan straight.

Demikian informasi tentang susunan kebel UTP straight dan cross. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi tentang susunan kabel UTP. Jangan lupa berlangganan dengan Sofyan Web.
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Susunan Kabel UTP Straight dan Cross"

Back To Top