Teknologi Informasi Dan Gadget

Cara Sharing Menggunakan Jaringan Wifi Ad Hoc

Cara Sharing menggunakan Jaringan Wifi Ad Hoc membuat jaringan wifi sharing data  setting wifi di laptop. Hallo kawan – kawan semua. Pada kesempatan kali ini sofyan web akan membagikan cara tentang sharing folder data, games, musik. foto, video, dll. Menggunakan jaringan wireless ad hoc. menyambungkan wifi ke laptop.

Jadi jaringan hotspot wifi ad hoc ini fungsinya sama seperti flashdisk ataupun kabel LAN. Jadi kita bisa saling bertukar data menggunakan jaringan wifi ad hoc ini, sharing dengan jaringan ad hoc lebih praktis dari pada menggunakan kabel UTP, karena jika menggunakan kabel itu lebih ribet karena harus punya kabelnya dulu.

Jika menggunakan jaringan ad hoc untuk sharing data. Kalian hanya cukup menggunakan laptop yang kalian punya, tapi harus yang memiliki oprating system windows, baik itu windows 7, windows 8, ataupun windows 10. Namun jika windows 10 caranya tidak seperti ini, cara ini hanyalah dapat digunakan pada komputer yang memiliki oprating system windows 7 atau 8.

Jadi bagi kalian yang sedang kesusahan ketika ingin sharing data bersama teman, cara ini adalah solusinya. membuat jaringan internet share wifi laptop buat hotspot di laptop. Yaitu dengan cara sharing folder menggunakan ad hoc. Langsung saja simak penejlasan di bawah ini.

Langkah – langkah Sharing menggunakan ad hoc

1. Siapkah 1 komputer untuk server dan 1 komputer untuk client.

2. Buat jaringan Wifi Ad hoc pada komputer server. Bagi yang belum tahu cara membuat jaringan ad hoc, baca cara membuat jaringan wifi ad hoc.

3. Pada komputer client, hubungkan Wifi Ad hoc yang telah dibuat oleh server. Contoh nama ad hoc yang telah komputer server buat adalah sofyan web.

4. Jika telah terhubung. Maka setting IP Adreass pada komputer server dan komputer client. Dengan cara buka Control panel lalu pilih Network and shering center. Klik pada “wireless network connetcion”. Lalu pilih “Propertis” pada jendela yang menucul. Klik dua kali pada “Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)”. Lalu klik pada “Use the following IP adreass”. Dan masukan IP Adreass seperti peraturan di bawah ini.

Pada komputer Server
IP Adreass : 192.168.1.1
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1

Pada Komputer Client
IP Adress : 192.168.1.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.1

5. Lalu klik OK.

6. Masih pada jendela Network and Sharing center. Klik pada “Change advanced sharing setting”. Lalu setting menu “Home or Work” dan “Public (current profil)”. Turn on semua menu yang ada, namun turn off pada “Password srotected sharing”. Lalu klik save change. (Lakukan langkah ini pada komputer server dan client)

7. Buka windows explore dengan cara tekan CTRL + E pada keyboard. Lalu klik pada menu network. Disitu kalian akan melihat komputer yang telah terhubung dengan jaringan wifi ad hoc yang telah di buat.

Langkah – langkah Cara Membuat Folder yang akan di Sharing

1. Pilih salah satu folder yang ingin anda bagikan.

2. Klik kanan pada folder tersebut lalu pilih properties.

3. Pilih pada menu share, lalu klik “Advanced Sharing...” beri tanda cheklis pada “Share this folder”. Lalu klik OK. Dan klik “Share....”


4. Klik pada kolom lalu pilih “Everyone”. Lalu klik “Add”. Lalu pada Everyone dirubah menjadi “Read/Write”. Lalu klik Share. Jika selsai klik Done.

5. Lalu close menu Properties.

6. Untuk mengambil folder yang telah di sharing, buka windows explore dengan cara tekan CTRL + E dan pilih menu Network. Lalu pilih nama PC yang telah mengirim folder tersebut.

7. Copy folder yang telah di sharing tadi ke komputer kalian.

Selamat kalian sekarang telah berhasil sharing bersama teman kalian, jika sudah di atur – atur seperti di atas maka kalian juga bisa bermain game bersama menggunakan jaringan ad hoc.dan bagi yang ingin tahu gimana cara menggunakan printer lebih dari satu komputer maka silahkan baca juga cara sharing printer menggunakan jaringan wifi ad hoc. Sekian tentang cara sharing menggunakan jaringan ad hoc. Semoga artikel ini dapat membantun dan bermanfaat buat kalian.
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Cara Sharing Menggunakan Jaringan Wifi Ad Hoc "

Back To Top