Teknologi Informasi Dan Gadget

Cara Sharing Printer Menggunakan Jaringan Wifi Ad Hoc

Cara Sharing Printer Menggunakan Jaringan Wifi Ad Hoc. Hallo teman – teman semuanya, ketemu lagi dengan website kesayangan kalian yaitu sofyan web. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang cara sharing printer menggunakan jaringan wireless ad hoc. Jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel.

Printer merupakan salah satu alat terpenting dalam dunia teknologi, karena tanpa printer kita tidak bisa mencetak dokumen yang telah kita buat. Tapi gimana jika printer kita yang ingin kita gunakan untuk mencetak itu sedang di gunakan oleh teman atau rekan kita yang tempat duduknya berbeda dari kita?

dari pada kita harus bolak balik untuk mengeprint dokumen kita itu, maka cara yang paling efektif adalah dengan cara shraing printer menggunkankan jaringan wifi ad hoc. Kenapa menggunakan jaringan wifi ad hoc? Karena lebih simpel dan mudah dari pada menggunakan kabel UTP yang harus memerlukan kabel yang panjang untuk menyambungkannya ke komputer kita.

Namun semua itu ada kekurangan dan kelebihannya. Jika menggunakan jaringan wifi ad hoc maka kecepatan transfernya lebih rendah dari pada kabel UTP, tapi kelebihan menggunakan jaringan ad hoc adalah kita tidak usah repot – repot menggunakan kabel sehingga kita dapat bergerak bebas tanpa terpaku oleh kabel.

Jaringan ad hoc dapat kita buat dengan sangat mudah menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan oprating system microsoft windows, terutama windows 7, 8, dan 10. Bagi kalian yang belum tahu cara membuat jaringan wifi ad hoc, maka baca cara membuatjaringan ad hoc. Biklah tidah usah menunggu lama, kita lansung aja belajar tentang cara sharing printer menggunakan jaringan wifi ad hoc.

Langkah – langkah cara sharing printer menggunakan jaringan wifi Ad hoc

  1. Install terlebih dahulu driver printer pada komputer server.
  2. Pada komputer server klik star lalu pilih device and printers.
  3. Klik kanan pada jenis printer yang telah kalian install lalu pilih “Printer Properties”. Lalu pilih menu “Share”. Lalu beri tanda cheklis pada “Share this printer”. Lalu klik OK.
     
  4. Lalu pada komputer client klik star lalu pilih device and printers.
  5. Klik “Add a printer”.  Lalu pilih “Add a network, wireless or Bluetooth printer”
  6. Jika jenis printer yang di sharing telah muncul. Pilih next.
  7. Tunggu hingga proses selesai. Jika talah muncul menu “You’ve succesfully added ....” lalu klik next. Lalu finish.
  8. Selamat printer anda telah tersharing. Silahkan coba print test pada komputer client. Dengan cara klik kanan pada printer yang telah di dapat lalu pilih printer properties dan pilih “print test page”
  9. Atau kalian juga bisa langsung mencoba mengeprint menggunkan Microsoft Word.

Begitulah kawan – kawan tentang cara sharing printer menggunakan jaringan wifi ad hoc yang sangat mudah untuk di lakukan. Bagi kalian yang ingin tahu cara sharing data menggunakan jaringa ad hoc nirkabel, bisa baca artikel tentang cara sharing menggunakan ad hoc.

Jika cara di atas mengalami masalah, coba cek IP adreas kalian sudah di atur atau belum, bagi yang belum tahu cara setting IP Adreas jaringa ad hoc, maka kalian bisa baca di artikel cara sharing menggunakan jaringan wifi ad hoc. Di situ ada cara mengatur komputer sebelum melakukan sharing.
https://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=blogspot%2FKMlrUZ

Tapi jika masih tetap ada masalah, silahkan bertanya di kolom komentar. Semoga artikel hari ini tetang cara sharing printer menggunakan jaringan ad hoc dapat berguna dan bermanfaat bagi klian semua. Lihat artikel menarik lainnya di sitemap Sofyan Web
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Cara Sharing Printer Menggunakan Jaringan Wifi Ad Hoc"

Back To Top