Teknologi Informasi Dan Gadget

Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Hilang Atau Tersembunyi

Cara melihat file dan folder yang hilang atau tersembunyi. Hallo Semua, masih bersama sofyan web. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk melihat file atau folder yang tersembunyi.

File atau folder yang tersembunyi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu virus, sengaja di sembunyikan dan masih banyak lagi. Tapi biasanya kebanyakan karena perbuatan virus yang menyembunyikan folder atau data – data penting kalian, sehingga kalian menjadi ketakutan karena data berharga kalian menghilang begitu saja.

File atau folder hilang sering terjadi ketika PC kalian terkena virus shortcut. Virus shortcut biasanya datang dari flashdisk yang telah banyak keluar masuk dari PC satu ke PC yang lainnya, dan akhirnya menyebabkan flashdisk tersebut terkena virus shortcut dan langsung mengilngkan file maupun folder kalian yang ada pada flashdisk.

Tenang saja, jangan khawatir dulu. Jangan menangis dulu. Jangan di banting laptop nya dulu, karena file atau folder kalian tidak benar – benar menghilang kok, file dan folder kalian hanya ter-hidden atau tersembunyi. Apa bisa mengembalikan file atau folder yang tersembunyi?. Tentu saja bisa. Dan pada kesempatan kali ini sofyan web akan memberikan caranya. Cara mengembalikan dan melihat file atau folder yang tersembunyi. Ada dua cara untuk melakukannya. Yang pertama cara menggunakan software, dan yang kedua tanpa software.

Cara Mengembalikan Atau Melihat File Yang Menghilang Atau Tersembunyi Menggunakan Software.

Software yang saya gunakan disini adalah SMADAV. Sebuah antivirus yang dapat mengembalikan file atau folder yang hilang atau tersembunyi. Pastikan kalian sudah memiliki software ini, jika belum punya silahkan download di google.com.
  • Buka aplikasi Smadav.
  • Selanjutnya cari partisi, flashdisk atau hardisk yang ingin kalian cari file hilang atau tersembunyi nya.
  • Lakukan saja dalam mode Quik Scan, atau dalam mode lain pun tidak masalah sesuai selera kalian saja. Seterusnya klik SCAN.
  • Tunggu hingga proses scan selesai.
  • Jika telah selesai, Buka pada menu tab “Hidden”. Dan lihat, disitu ada file dan folder yang tersembunyi. Beri tanda ceklis pada file atau folder yang ingin anda kembalikan semula, selanjutnya klik “”Unhide All”.
  • Selamat file atau folder kalian yang hilang telah kembali seperti semua. Silahkan lihat di tempat pada saat file dan folder itu menghilang.

Cara Mengembalikan Atau Melihat File Yang Terhidden Atau Tersembunyi Tanpa Menggunakan Software.

Sekarang tanpa menggunakan software, cara ini adalah cara yang sering saya lakukan. Karena cara ini sangat mudah dan efektif. Tidak perlu repot – repot menggunakan software, kalian hanya cukup menggunakan PC kalian sendiri.
  • Buka folder option atau folder and search option.
  • Cara membuka Folder and Search Option jika pada windows 7, buka windows explorer, klik “Organize” yang ada pada pojok kiri jendela windows explorer.
  • Pilih “Folder search option”.
  • Akan terbuka jendela Folder Option. Klik pada menu tab “View”.
  • Beri tanda pada “Show hidden files, folder, and drives”. Dan hilangkan tanda ceklis  pada “Hiden protected operatig system files (Recommended)”.
  • Selanjutnya klik OK.
Dan selamat semua file, folder, dan drives telah terlihat pada PC anda. Biasanya ditandai dengan folder atau file yang buram atau agak transparan, itu berarti adalah dile atau folder yang tersembunyi. Jika hanya folder yang tersembunyi, silahkan ambil semua isi folder itu dan pastekan pada folder yang baru. Jika files yang tersembunyi, klik kanan pada file tersebut, pilih propertis dan hilangkan tanda ceklis pada tulisan hidden, selajutnya klik ok.

Penting !!! : jangan asal hapus atau merubah folder atau file yang tersembunyi tersebut, jika kalian tidak tahu itu file atau folder apa, biarkan saja file tersebut. Mungkin itu adalah system dari windows.

Jika telah selesai menemukan file atau folder yang hilang dan tersembunyi. Maka silahkan netralkan kembali folder optionnya agar file atau folder yang harusnya tersembunyi kembali bersembunyi.
Begitulah cara melihat file yang tersembunyi. Selamat mencoba dirumah, semoga kalian dapat menemukan file dan folder kalian yang menghilang. Dan semoga artikel tentang cara melihat file dan folder yang hilang atau tersembunyi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Hilang Atau Tersembunyi"

Back To Top