Teknologi Informasi Dan Gadget

Cara Mengatasi LCD/LED Laptop Dan Notebook Mati Total

Cara mengatasi masalah LCD/LED laptop dan notebook yang mati total. Hallo semuanya ketemu lagi dengan sofyan web, kali ini saya akan memberikan tips atau cara untuk mengatasi LCD atau LED laptop dan notebook kalian yang mati. Untuk itu simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

LCD atau LED mati biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor, ada karena masalah software ada yang karena masalah hardware. Jadi jika LCD atau LED laptop dan notebook kalian mati kalian tidak usah nnagis ya, jangan khawatir dan ketakutan harus beli LCD atau LED baru, cari tahu dulu apa masalahnya.

Karena teman saya pernah mengalami masalah ini, dia sampai kebingungan karena LCD notebook miliknya tiba tiba mati setelah notebook nya jatuh dari meja, hasilnya layar notebook menjadi hitam alias tidak menyala. dia menjadi ketakutan atas masalah itu, karena jika ingin mengganti LCD atau LED laptop dan notebook harganya juga cukup mahal apa lagi jika kalian mengganti LCD atau LED dengan bantuan Teknisi.

Baiklah langsung saja simak cara mengatasi LCD atau LED laptop dan notebook yang mati total versi Sofyan Web

Langkah-langkah cara mengatasi LCD/LED mati total:

1. Restart Laptop atau notebook.

Coba restart laptop atau notebook kalian, karena biasanya LCD atau LED pada laptop dan notebook mati dikarenakan gagal loading atau biasa disebut “GaLau”. Gagal loading atau gagal booting sering terjadi pada laptop atau notebook yang windows nya sudah mulai rusak atau dikarenakan hardware yang bermasalah.

Jadi restart laptop atau notebook kalian, jika tidak ada tombol restart, maka matikan paksa laptop atau notebook kalian dengan cara menekan tombol power sampai laptop atau notebook kalian mati, selanjutnya biarkan beberapa detik dan hidupkan kembali laptop atau notebook kalian.

2. Gunakan Monitor Komputer

Cara yang lainnya adalah coba kalian gunakan monitor komputer yang masih hidup. Cara ini sebenarnya digunakan untuk mengetahui apakah LCD atau LED laptop dan notebook kalian masih dapat hidup atau tidak. Yaitu dengan cara hubungkan monitor komputer yang masih hidup ke port VGA yang ada pada laptop atau notebook.

Jika gambar tampil pada monitor komputer yang telah kalian hubungkan tadi maka kemungkinan 95% kalian mati atau tidak dapat digunakan lagi. tapi jika gambar tidak muncul juga pada monitor komputer yang kalian pasang tadi maka kemungkinan masalahnya ada pada dalam laptop dan notebook kalian, jadi kemungkinan LCD atau LED kalian masih bisa digunakan adalah 80%.

3. Cek Kabel LCD atau LED

Langkah selanjutnya adalah dengan cara membongkar laptop dan notebook kalian, cek apakah kabel LCD atau LED terpasang dengan benar. Cobalah untuk membuka dan memasangnya kembali dengan benar.

4. Cek VGA

Cek VGA laptop atau notebook jika ada. Karena kebanyakan laptop dan notebook sekarang sudah menggunakan VGA on board. Tapi jika VGA kalian AOC [add on card] maka bukalah VGA laptop dan notebook kalian, bersihkan dengan karet penghapus secara perlahan atau boleh juga dengan cara di angin-anginkan. Selanjutnya pasang kembali VGA pada slot VGA dengan benar dan kuat.

5. Cek RAM

Jika masih belum bisa maka selanjutnya cek RAM laptop dan notebook kalian, biasanya LCD atau LED mati atau tidak tampil gambar dikarenakan RAM yang kendor atau bahkan terlepas dari slot RAM. Maka seperti yang di atas, kalian harus membuka RAM dan bersihkan RAM menggunakan karet penghapus atau di angin-anginkan saja.

Lalu pasang kan kembali RAM pada slot RAM dengan benar dan kencang. Tapi harus tetap hati-hati supaya tidak merusak komponen yang lainnya. Jika RAM telah terpasang dengan baik maka coba hidupkan laptop dan notebook kalian. Pastikan juga RAM kalian masih berfungsi karena jika RAM sudah rusak maka gambar tidak akan tampil pada layar LCD atau LED.

6. Cek Processor

Jika cara di atas masih belum berhasil coba cek prosesor apakah masih berfungsi atau tidak. Jika processor kalian bisa di lepas maka lepas dengan perlahan lalu pasang kembali dengan benar agar kotor yang ada pada processor dapat hilang. Tapi jika processor kalian tidak bisa di lepas maka lewati saja langkah ini karena processor sekarang kebanyakan adalah on board atau sudah menyatu pada maindboard.

7. Kesimpulan

Jika semua cara di atas telah kalian lakukan dengan baik dan benar maka masalah LCD atau LED mati sudah teratasi. Tapi jika semua cara telah di lakukan namun LCD atau LED laptop dan notebook kalian masih tetap mati atau masih tetap tidak tampil gambar maka, kalian harus mengganti LCD atau LED laptop dengan yang baru. Jika kalian memiliki monitor komputer kalian bisa menggunakannya sebagai pengganti LCD atau LED kalian yang mati tersebut.

https://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=blogspot%2FKMlrUZ

Begitulah kawan-kawan cara mengatasi LCD/LED laptop dan notebook mati total. Semoga LCD/LED kalian berhasil hidup kembali, kalo tidak bisa hidup lagi ya ganti dengan yang baru, atau pakai monitor komputer, jadi kemana-mana bawa monitor komputer.

Sekian pembahasan hari ini tentang cara mengatasi masalah LCD/LED laptop mati total, semoga artikel ini dapat berguna bagi kalian semua. Jika kalian suka dengan blog ini jangan lupa untuk masukan email kalian pada kotak berlangganan.
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi LCD/LED Laptop Dan Notebook Mati Total"

Back To Top