Teknologi Informasi Dan Gadget

Cara Menginstal Windows 8

Cara menginstal Windows 8. Hallo kawan – kawan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menginstall windows 8 menggunakan flashdisk atau CD. Semuanya sama saja. Tapi jika menggunakan flashdisk maka prosesnya akan lebih cepat jika menggunakn CD. Dan bagi teman – teman yang belum tau cara membuat oprating system pada flashdisk. Silahkan baca artikel ini cara membuat partisi pada flashdisk. Untuk cara menginstallnya sendiri sama saja dengan menginstall menggunakan CD, hanya beda settingan bootingnya saja.

Kelebihan menggunakan windows 8 adalah tampilannya yang dinamis. Seperti tablet ataupun smartphone. Oprating system ini sangat cocok untuk PC yang sudah di lengkapi dengan sistem touch screen. Tapi bagi PC nya yang tidak punya system touch screen, windows 8 ini teteap bagus kok di pasang pada PC yang Standar. Tergantung selera masing – masing saja. Kelebihan windows 8 yang lainnya juga adalah proses booting yang cepat di bandingkan dengan windows XP atau Windows 7.

Untuk kekurangannya sendiri. Menurut saya tidak ada ya karena saya sudah terbiasa mengguanakn windows 8. Mungkin bagi kalian yang baru menggunakan windows 8 akan kebingungan karena tampilannya banyak yang berubah dari pada windows yang sebelumnya, seperti tampilan pada start dan tombol untuk memmatikannya sangat berbeda pada windows 7 atau windows XP. Tapi tidak masalah nanti jika sudah terbiasa menggunakan Windows 8 maka kalian juga akan terbiasa dengan tampilan baru yang ada pada windows 8 ini.

Baiklah sepertinya kalian sudah tidak sabar untuk menginstall windows 8 ini ya. Ingat sebelum kita menginstall Windows 8 ini maka yang pertama haru kita lakukan adalah... “Niat” karena tanpa niat dari diri kita maka semua tidak bisa bejalan sempurna. Lalu siapkan juga alat tempurnya seperti CD Windows 8 untuk yang menggunakan CD. Atau Flashdisk Windows 8 untuk yang menggunkan Flashdisk. Baiklah langsung aja kita mulai cara menginstal windows 8 pada Kamputer, Laptop, Dan Notebook .

Cara Menginstal Windows 8:

Bahan:

CD Windows 8
Atau Flashdisk Windows 8

Pengerjaan:

· Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.
· Backup data-data penting terlebih dahulu.
· Pengaturan Booting Komputer dan Laptop

· Cara mengatur "Booting" Komputer dan Laptop terdapat pada "Menu BIOS" dan untuk masuk Menu ini tekan terus menerus Del dengan cepat saat Komputer/Laptop dinyalakan, sedangkan pada merk lain tekan F1/F2/F9/F10.

Sebelum masuk pada proses instal windows 8, pada Menu BIOS cari "Boot". Pastikan Boot pertama pada DVD, jika menggunakan DVD, atau Boot pertama pada Flash Disk, jika menggunakan Flash Disk. (khusus untuk instal windows 8 dengan Flash Disk, masukan terlebih dahulu Flash Disk sebelum komputer dinyalakan, agar terdeteksi).

Memulai Proses instal Windows 8.
Setelah Pengaturan Boot sudah benar, simpan (save) dan "restart", kemudian tekan ENTER untuk memulai proses instalasi windows 8.

· Pilihan Bahasa Instal Windows 8 dan Persetujuan. untuk menginstal windows 8 dapat dipilih bahasa English, kemudian klik Next.

untuk memulai Proses Instalasi windows 8 Klik "Install now".
Masukan "Product Key" windows 8, biasanya kode ini ada pada bungkus DVD ketika saat membeli atau tanyakan ketika saat membeli.

Klik kotak kecil sebelah kiri bawah sebagai tanda persetujuan untuk menginstal windows 8 (I Accept the license terms)
· Pilih Custom Install Windows only (Advanced).

· Pengaturan Partisi pada instalasi Windows 8
"Pengaturan Partisi" ini dilakukan untuk pemilihan instal windows 8 pada partisi tertentu sesuai keinginan. Partisi sistem windows sebelumnya dapat di hapus (delete) dan diganti dengan partisi yang baru. Pengaturan Partisi dapat dilakukan ketika kursor di atur pada partisi tertentu untuk di atur, kemudian tombol pengaturan lengkap akan tersedia.

· New: Untuk Membuat Partisi Baru windows 8
· Delete: Untuk Menghapus Partisi windows
· Format: Untuk format Partisi windows
· Perhatian: Pastikan Partisi yang berisi data penting tidak dihapus, ini langkah yang sangat penting dan harus hati-hati, dan jika tidak yakin simpan dulu data penting pada Flash Disk atau tempat lain yang aman

· Memulai Instal windows 8 pada Komputer/Laptop. Aturlah kursor pada partisi yang diinginkan untuk di instal windows 8 yang baru, kemudian klik next untuk melanjutkan proses instalasi

· Proses Instal windows 8 pada Komputer/laptop.
Pada tahap instal windows 8 ini akan berlangsung secara otomatis, kemudian akan restart pula secara otomatis selama beberapa kali dan biarkan saja jangan klik apapun

Catatan: Jika pada proses ini terdapat "error" (getting files ready for installation), itu berarti memori kurang bagus, bisa di coba ulang kembali prosesnya atau ganti memorinya.

· Personilize Windows 8.
Pada "Personilize" windows 8, dapat dipilih bebas warna dasar untuk tampilan windows dan memberi nama komputer

· Pengaturan (Setting) Windows 8.
Untuk setting atau pengaturan ini bisa dipilih Express setting supaya lebih cepat.

· Akun (Account) Windows 8.
Membuat Akun (Account) windows 8 yang baru, pilih saja "create a local account"

· Pengguna (User) Windows 8.
Membuat Nama untuk pengguna (User) pada Windows 8.

· Aplikasi (Applicatioan) Windows 8.
Secara Otomatis Windows akan menyiapkan segala aplikasi yang termasuk dalam paket windows 8

· Tampilan Windows 8.
Berikut adalah tampilan windows 8, 8.1, setelah melalui berbagai proses instal di atas.

· Desktop Windows 8.
Berikut adalah tampilan desktop windows 8, 8.1. Layar ini muncul dengan memilih tampilan desktop pada start screen windows 8 seperti gambar di atas, pada pojok kiri bawah atau dengan menekan tombol windows+D.

Sekian cara instal windows 8. Saya telah jelaskan secara lengkap dia atas. Tapi jika belum paham silahkan berkomentar di bawah sini. Dan baca juga cara menginstal windows Xp dan cara menginstal Windows 7. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda.
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Cara Menginstal Windows 8"

Back To Top