Teknologi Informasi Dan Gadget

Cara Menginstall Windows XP Pada Komputer, Laptop, Dan Notebook Beserta Gambar

Cara Menginstall Windows XP Pada Komputer, Laptop, Dan Notebook Beserta Gambar. Hallo Kawan – Kawan Semua. Saatnya belajar cara menginstall windows XP. Windows XP adalah salah satu Windows yang di sukai karena graphicnya lebih simpel dari pada windows 7 atau windows yang di atasnya. Windows XP dapat diinstall melalui 2 cara. Yaitu dengan cara menggunakan Flashdisk dan dengan cara menggunakn CD. Jika ingin installnya cepet maka pakek Flashdisk, tapi jika ingin pakek yang standar maka pakek CD aja.

Bagi yang belum tahu cara membuat Operating System menggunakan Flashdisk. Silahkan baca cara membuat partisi pada Flashdisk. Baik tidak perlu lama – lama langsung aja kita belajar cara menginstall windows XP pada komputer, laptop, dan notebook. Dan juga beserta gambarnya agar lebih jelas.

Cara Menginstall Windows XP

Pengrjaan :

1. Ya pasti niat dulu....
2. Siapkan CD yang telah berisi Windows XP atau Flashdisk yang berisi Windows XP
3. Restart Komputer dan masuk ke Bios dengan cara menenkan tombol F2 atau Del.
4. Setting Biosnya. Rubah Fist Bootingnya menjadi CD/Flashdisk. Lalu Tekan F10 dan enter.
5. Jika ada tulisan Press any key. Tekan sembarang tombol yang ada pada keyboard. Jika anda belum sempat menekan sembarang tombol maka anda harus merestartnya kembali dan menekannya kembali pada saat ada tulisan press any key.
6. Selanjutnya akan ada Proses. Anda harus menunggu prosesnya sampai selesai.
7. Pada menu Window XP Setup. Tekan enter pada keyboard untuk melanjutkan.
8. Pada Saat Tampilan Lembar Persetujuan, anda harus membaca dulu semua tulisan yang ada pada lembar persetujuan atau Licensing Agreement. Jika ada telah mengerti maka tekan F8 untuk Mensetujuinya.
9. selanjutnya anda akan tampilan pembuatan Partisi. Jika Anda Ingin Menghapus Partisi anda atau instal ulang. Maka pilih partisi yang ingin anda Hapus. Biasanya pada partisi C / Partisi 1. Lalu Tekan D pada Keyboard. Dan tekan L. Jika anda ingin membuat partisi baru tekan C pada Keyboard dan masukan kapasitas partisinya. (contoh ingin memasukan 30GB maka kalian ketik 30000. Karena satuanya Byte)

10. jika telah selesai maka pilih Partisi pertama atau partisi C. Lalu Tekan Enter pada Keyboard.


11. Pilih “Format the partition using the NTFS file system (Quick)” lalu tekan enter pada keyboard.
12. Setelah itu Proses Instalasi dimulai. Biarkan saja hingga selesai. Dan ingat jika komputernya merestart sendiri lalu ada tulisan Press any key. Jangan kailian tekan apapun. Biarkan saja. Karena jika kalian menekan pada saat press any key ke dua ini. Maka anada akan kembali ke langkah yang pertama dan mengulang lagi.
13. Pada Saat Muncul Tampilan Region and Language Option. Langsung aja anda pilih Next.
14. Pada Tampilan Personalize your software. Masukan nama kalian pada kolom Name. Untuk kolom Organization boleh anda isi. Boleh juga tidak diisi. Lalu pilih next
15. Jika Ada tampilan Untuk memasukan Product Key. Anda masukan Product keynya. Jika anda tidak tau product keynya . anda bisa download disini : Product Key Windows XP. Jika Telah anda isi lalu pilih Next.

16. Masukan nama anda kembali pada kolom Computer Name. Lalu tekan Next
17. Selanjutnya pada menu Date and Time Setting. Anda sesuaikan settingan tanggal dan waktu yang sesuai dengan tempat anda. Lalu pilih Next
18. Pada Network Setting pilih saja yang Typical lalu Next
19. Pada Tampilan Nama Workgroup. Biarkan saja jangan di ganti, tapi jika ingin di ganti sesuai ke inginan anda. Lalu pilih next.
20. tunggu hingga proses installasi selesai. Dan ingat, anda harus sabar.
21. akan ada tampilan display and setting. Pilih OK.
22. pada tampilan Monitor Setting pilih OK sebelum Waktu nya habis karena jika waktunya habis maka komputer anda akan merestart sendiri. Jadi pilih ok untuk melanjutkan
23. hampir selesai. Pada menu Welcome to Microsft windows. Atau selamat datang di microsoft Windows. Anda pilih next yang ada di pojok kanan bawah.
24. Pada tampilan Help Protect Your PC. Pilih Not Right Now. Lalu Next
25. jika ada Proses Checking Your Internet Connectivity. Langsung di Skip aja Biar cepat. Pilih Skip
26. Masukan kembali Nama Kalian pada kolom Your Name. Lalu Next lagi
27. dan tara... Selamat Windows XP anda Telah Selesai....


Mudah kan caranya? Tidak ada yang sulit kok di dunia ini jika kita ingin berusaha. Dan Selamat bermain Widows XP. Dan Bagi yang ingin tahu cara Menginstall windows 7. Silahkan baca artikel Cara menginstall Windows 7 Baiklah Cukup disini saja tentang cara menginstall Windows Xp Pada Komputer, Laptop, dan Notebook. Beserta Gambar. Bagi yang masih belum paham. Silahkan bertanya di bawah sini.
Tag : Computer
0 Komentar untuk "Cara Menginstall Windows XP Pada Komputer, Laptop, Dan Notebook Beserta Gambar"

Back To Top